ACTIVITY BASED COSTING (ABC)

Activity based costing (ABC) adalah pendekatan penentuan biaya produk yang membebankan biaya kepada produk atau jasa berdasarkan konsumsi sumber daya yang disebabkan karna aktivitas. Dasar pemikiran pendekatan penentuan biaya ini adalah bahwa produk atau jasa perusahaan dilakukan oleh aktivitas dimana aktivitas yang dibutuhkan tersebut menggunakan sumber daya yang menyebabkan timbulnya biaya. Sumber daya dibebankan kepada aktivitas, kemudian aktivitas dibebankan kepada objek biaya berdasarkan penggunaannya. ABC memperkenalkan hubungan sebab akibat antara cost driver dengan aktivitas.
Intinya : Bagaimana mengalokasikan BOP sebagai komponen harga pokok produksi kepada produk dengan adil dan tepat berdasarkan aktivitasnya.
Aktivitas (activity) setiap kejadian atau transaksi yang  merupakan pemicu biaya
Pemicu biaya (cost driver)  factor penyebab (causal factor) dari biaya dikeluarkan

Dalam ABC, harus dilakukan penelitian aktivitas apa saja yang dilakukan untuk memproduksi produk. Ketelitian penemuan aktivitas akan menyebabkan ketelitian perhitungan harga pokok produk.
Tradisional vs ABC
Tradisional  -  Produk yang membuat biaya timbul
ABC             -  Aktivitas yang membuat biaya timbul

Tradisional 
Dasar aktivitas yang dipakai biasanya berkaitan dengan volume (volume-related activity base) seperti ekuivalen unit, jam kerja langsung atau jam mesin langsung
ABC 
Memakai pemicu biaya dasar unit maupun non unit, yang jumlah pemicu biayanya lebih besar ketimbang jumlah pemicu pada system tradisional, sehingga meningkatkan akurasi penentuan biaya pokok produk.

KAPAN HARUS ABC ?
Perusahan-perusahaan yang layak memakai ABC jika memenuhi syarat-syarat :
1.        Perusahaan yang padat modal (banyak gunakan mesin)
2.        Perusahaan yang memiliki difersifikasi produk
3.        Difersifikasi produk dan menggunakan fasilitas yang sama
4.        Setiap produknya memiliki proses produksi yang berbeda.

Tahap-tahap system ABC
  1. Menelusuri atau mengalokasikan biaya-biaya ke aktivitas-aktivitas à kumpulan biaya aktivitas
  2. Kumpulan biaya aktivitas diatas, dibebankan ke produk-produk, dengan memakai pemicu biaya
Key succes Factor:
  1. IT
  2. Flatter Organization
  3. Employee Empowerment
Apakah ABC system hanya untuk perusahaan manufaktur ?
ABC system tidak hanya cocok untuk perusahaan manufaktur saja, tetapi juga untuk perusahaan-perusahaan lainya seperti perusahaan dagang dan jasa. Karena semua jenis perusahaan (manufaktur, jasa, dagang) sekarang dapat memanfaatkan ABC system sebagai sistem akuntansi biaya yang baik untuk tujuan pengurangan biaya (cost reduction) maupun untuk perhitungan secara akurat beban biaya fitur produk / jasa. ABC system dapat diterapkan ke semua biaya, mulai dari biaya desain, biaya produksi, biaya penjualan, biaya pasca jual, sampai biaya administrasi dan umum. ABC sistem menggunakan aktivitas sebagai titik pusat (focal point) untuk mempertanggungjawabkan biaya. Oleh karena aktivitas tidak hanya dijumpai di perusahaan manufaktur, dan tidak terbatas di tahap produksi, maka ABC system dapat dimanfaatkan di berbagai jenis perusahaan mencakup biaya di luar produksi.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment

Cool Blue Outer Glow Pointer