HAKIKAT SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

3 comments

      Pengendalian manajemen merupakan sebuah  keharusan dalam suatu organisasi yang mempraktikkan desentralisasi. Salah satu pandangan berargumentasi bahwa sistem pengendalian manajemen harus sesuai dengna strategi perusahaan. Hal ini menggambarkan bahwa strategi pertama kali dikembangkan melalui sistem formal dan rasional dan strategi itu kemudian menentukan desain sistem manajemn perusahaan.

A. KONSEP-KONSEP DASAR
  1. Pengendalian
Suatu organisasi harus dikendalikan yaitu harus ada perangkat – perangkap pada tempatnya untuk memastikan bahwa tujuan strategisnya dapat tercapai. Setiap sistem pengendalian sedikitnya memiliki empat elemen:
a.        Pelacak (detector) atau sensor-sebuah perangkat yang mengukur apa yang sesungguhnya terjadi  dalam proses yang sedang dikendalikan.
b.        Penaksir (assessor ) uatu perangkat yang menentukan signifikansi dari peristiwa aktual dengan membandingkannya dengan beberapa standar atau ekspektasi dari apa yang seharusnya terjadi.
c.        Effector-suatu perangkat (yang sering disebut "feedback") yang mengubah perilaku jika assessor mengindikasikan kebutuhan yang perlu dipenuhi.
d.       Jaringan komunikasi-perangkat yang meneruskan informasi antara detector dan assessor dan antara assessor dan effector.

ORGANISASI ? WHY NOT ?

0 comments


Masih ada yang berpikiran bahwa organisasi bakal menghabiskan waktu santai-santai kita saat masa kuliah ? bakal ganggu kuliah kita dan buat IP kita anjlok ? lebih baik berpikir ulang deh. walaupun aku dulu saat semester 1 masih berpikir seperti itu bahwa organisasi bakal menyita banyak waktu dan membuat kita banyak pikiran ternyata salah dan menyesal karena baru semester 3 baru ikut organisasi-organisasi dan kepanitiaan-kepanitaan lainya. Memang dengan mengikuti itu semua kita pasti harus memberikan waktu-waktu luang kita untuk disisihakn untuk kegiatan oraganisasi itu sendiri, tapi dengan mengorbankan sedikit waktu luang, kita bakal mendapatkan sesuatu yang lebih berharga dan melatih Soft Skill kita untuk digunakan besok jika memasuki dunia kerja. ada banyak sekali manfaat berorganisasi, dari melatih leadership hingga kita dapat memperluar jaringan/networking kita dikampus. untuk lebih lengkapnya lebih baik kita bahas lebih lanjut :

BLACK PAPER

Cool Blue Outer Glow Pointer